Obyek Wisata Waduk Cirata Purwakarta

Waduk Cirata merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Purwakarta yang sudah banyak dikenal masyarakat luas. Waduk yang mempunyai luas kurang lebih 43 ribu hektar ini sebenarnya terletak di tiga kabupaten, yaitu kabupaten Bandung, kabupaten Purwakarta dan kabupaten Cianjur. Pembangunan waduk cirata dimulai pada tahun 1984, dalam rangka untuk mendirikan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Cirata, yang mempunyai kapasitas total sekitar 1000 MW.

Tempat ini menawarkan pemandangan yang alami dan asri serta udara yang sejuk dan segar yang jauh dari perkotaan. Bagi anda yang sehari-hari berkecimpung di daerah perkotaan, suasana waduk cirata cocok untuk refreshing anda. Di weekend, waduk ini tidak terlalu ramai, jadi pas buat anda yang menginginkan ketenangan. Tetapi saat lebaran atau tahun baru, dijamin sesak…sampai mau jalan aja susah.

plta cirata

PLTA Cirata

Di tempat ini anda bisa memancing di waduk, yang terkenal banyak ikan-ikan besar (monster). Di sekeliling waduk juga banyak wisata kuliner yang menyajikan menu seperti ikan bakar, nasi liwet dan juga sate maranggi. Wah…mantap deh. Bagi yang ingin menginap juga tersedia villa atau penginapan di BPWC (Badan Pengelola Waduk Cirata).

waduk cirata dari atas

Waduk Cirata dari atas

Untuk menuju ke objek wisata ini, anda bisa melalui beberapa alternatif rute. Jika anda dari arah Jakarta, keluar tol Jatiluhur, sampai pertigaan belok kanan menuju kota kecamatan Plered. Jika dari arah bandung, anda keluar tol di Cikalong wetan, lanjut menuju ke waduk. Atau jika anda dari Cianjur, anda lebih baik lewat Cikalong Kulon.

Incoming search terms:

Tags: