Obyek Wisata Pantai Pangandaran

Pangandaran adalah sebuah pantai di kabupaten Ciamis yang sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai tempat tujuan wisata. Pantai pangandaran selalu ramai dikunjungi, apalagi jika bertepatan dengan momen tertentu seperti Lebaran, Tahun Baru atau liburan sekolah. Selain menikmati keindahan alami pantai, anda juga bisa melakukan kegiatan wisata yang ditawarkan di pantai ini. Itu menjadi pelengkap yang menjadikan semakin banyak pengunjung merasa puas menghabiskan waktu di sini.

Untuk menuju ke pantai pangandaran, anda bisa menggunakan berbagai mode transportasi darat seperti sepeda motor, mobil pribadi atau kendaraan umum. Prasarana jalan sudah cukup bagus dan petunjuk arah cukup lengkap sehingg memudahkan siapa saja yang ingin berkunjung ke sana. Anda juga bisa menggunakan pesawat (Susi Air) dari Bandung (bandara Husein Sastranegara) atau Jakarta (bandara Halim Perdanakusuma)ke Pangandaran (bandara Nusawiru).

Obyek Wisata Pantai Pangandaran

Obyek Wisata Pantai Pangandaran

Adapun kegiatan pantai yang bisa anda lakukan disini antara lain berenang, perahu pesiar, memancing, berkeliling dengan sepeda, para sailing, jet ski, dan sebagainya. Kontur pantai merupakan pantai yang landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan wisatawan untuk berenang dengan aman. Pengunjung bisa menyewa ban untuk berenang yang sudah disediakan. Di pantai ini juga telah disiapkan tim penyelamat pantai (Bay Watch), sehingga menambah rasa aman bagi para wisatawan.

Oh ya, pada bulan Juni atau Juli setiap tahunnya diselenggarakan acara Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya. Event bertaraf internasional tersebut juga banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Fasilitas yang disediakan untuk menunjang kegiatan pariwisata di Pangandaran ini cukup lengkap. Tampaknya Pemda memang menjadikan pantai ini sebagai sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah). Diantara fasilitas tersebut adalah : lapangan parkir yang cukup luas; hotel/penginapan dan restoran dengan tarif bervariasi; money changer; gedung bioskop, diskotik; bumi perkemahan; dan adanya pramuwisata serta Pusat Informasi Pariwisata.

Harga tiket masuk pantai Pangandaran:

  • Jika Anda pejalan kaki, maka harga tiket masuk Rp 3 ribu per orang.
  • Jika Anda berkendara sepeda motor, maka harga tiket masuk Rp 7 ribu.
  • Jika Anda berkendara jeep/sedan, maka harga tiket masuk Rp 28 ribu.
  • Jika Anda berkendara jenis Carry, maka harga tiket masuk Rp 35 ribu.
  • Jika Anda menggunakan kendaraan penumpang besar, maka harga tiket masuk Rp 40 ribu.
  • Jika Anda berkendara bus kecil, maka harga tiket masuk Rp 80 ribu.
  • Jika Anda berkendara bus sedang, maka harga tiket masuk Rp 104 ribu.
  • Jika Anda berkendara bus besar, maka harga tiket masuk Rp 169 ribu.
Tags: