Objek Wisata Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dari kota Ciamis berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Objek wisata Green Canyon merupakan wisata jelajah alam, tepatnya di aliran sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya.

Green Canyon juga diapit oleh dua bukit, yang penuh dengan bebatuan dan rerimbunan pepohonan yang secara keseluruhan membentuk suatu harmoni keindahan alam yang eksotis dan begitu menantang untuk dijelajahi.

Sebenarnya, nama asli tempat ini adalah Cukang Taneuh yang berarti “jembatan tanah”. Hal itu karena di atas lembah Green Canyon terdapat jembatan alami dari tanah yang menghubungkan sisi kanan dan kiri bukit, yang biasa digunakan oleh para petani di setempat untuk menuju ladang mereka. Adapun nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada tahun 1993.

Objek Wisata Green Canyon Pangandaran

Objek Wisata Green Canyon Pangandaran

Penjelajahan dimulai dari mulut Green Canyon yang berupa jeram dengan alur yang sempit yang sulit dilewati oleh perahu. Wisatawan bisa menjelajah dengan berenang atau menyusuri di tepi batu. Bagi yang berenang disediakan pelampung (body rafting) dan ban. Di sepanjang penjelajahan akan terlihat beberapa air terjun kecil di bagian kiri kanan yang begitu menawan. Jika diteruskan berenang maka wisatawan akan sampai pada muara berupa mulut gua yang dihuni oleh banyak kelelawar.

Wisatawan dapat berenang sepuasnya karena memang aliran sungai ini cukup panjang. Dan di akhir penjelajahan, bagi yang suka menantang adrenalin, dapat meloncat dari sebuah batu besar dengan ketinggian 5m ke dasar lubuk yang dalam.

Sekarang sudah banyak penyedia jasa wisata di Green Canyon yaitu dengan menyewakan perlengkapan, transportasi dari hilir ke hulu beserta pemandunya. Ada yang menerima spot dadakan, ada yang mensyaratkan harus booking terlebih dahulu. Paketnya pun beragam, ada yang body rafting saja ada yang plus mengunjungi objek wisata lain di Pangandaran seperti Pantai Batu Hiu atau pantai Batukaras. Anda bisa mencarinya sendiri di internet.

Incoming search terms:

Tags: