Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Mio GT Fuel Injection

Jika anda ingin membeli motor, maka salah satu faktor yang biasanya sering menjadi pertimbangan adalah konsumsi bahan bakar motor tersebut. Motor yang konsumsi bahan bakarnya irit cenderung lebih laris dan disukai, itu wajar, sebab akan menghemat biaya operasional nantinya.

Nah berkaitan dengan hal itu, di sini saya ingin menghitung konsumsi motor yang saya gunakan sehari-hari, yaitu Yamaha Mio GT YM JET-FI. Hitungan konsumsi bahan bakar ini bukan atas pesanan siapapun, murni dari keinginan saya sendiri, yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada para pembaca yang budiman (hehe) tentang konsumsi bahan bakar Mio GT.

Yamaha Mio GT YM JET-FI

Yamaha Mio GT YM JET-FI

YM JET FI

YM JET FI

Oh ya, sekedar informasi, Mio GT yang saya gunakan adalah keluaran bulan Agustus 2013, dan sudah fuel injection, semua settingan masih settingan pabrik/belum ada perubahan, kapasitas silinder 113 cc (sesuai di STNK) dan bahan bakar yang digunakan adalah Pertamax gan….

Adapun metode yang saya gunakan adalah:

  1. Bahan bakar saya isi full, lalu saya catat odometernya.
  2. Lalu motor dipakai sesuai kebutuhan (untuk kerja, jalan-jalan sama istri dan anak, dll). Otomatis bahan bakar di tanki akan berkurang
  3. Bahan bakar saya isi full lagi, saya catat odometer dan jumlah liter pengisian bahan bakar
  4. Selisih odometer (pengisian kedua dikurangi pengisian pertama) dibagi dengan jumlah liter bahan bakar pada pengisian kedua, itulah konsumsi bahan bakarnya.

 Untuk lebih jelasnya langsung saja ke kondisi realnya:

  1. Bahan bakar saya isi full, lalu saya catat odometernya, yaitu di angka105,1 km

    Odometer Pengisian Pertama

    Odometer Pengisian Pertama

  2. Motor dipakai untuk keperluan sehari hari seperti kerja, jalan-jalan sama istri dan anak, dll dengan medan jalan yang bermacam-macam pula, ada jalan aspal, jalan beton/cor bahkan jalan rusak, baik dengan kondisi jalan lancar maupun macet. Mungkin anda tahu daerah sekitar Pondok Ungu Permai Bekasi, disekitar itu lah. Kalau kerja dari PUP ke Taruma Jaya Bekasi (dekat laut Jawa), sekitar 30 km pp.
  3. Bahan bakar saya isi full lagi, saya catat odometer dan jumlah liter pengisian bahan bakar. Odometer pada posisi 240.8 km dan pengisian sampai full butuh 3,1 liter pertamax.
    Odometer Pengisian Kedua

    Odometer Pengisian Kedua

    Jumlah Liter Pengisian BBM

    Jumlah Liter Pengisian BBM

  4. Jadi konsumsi bahan bakarnya adalah = (240,8-105,1)km/3,1 liter = 43,774 km/liter

Bagaimana menurut agan sekalian, 43,774 km/liter untuk motor matic termasuk irit atau boros atau sedang-sedang saja? Penilaian saya serahkan ke masing-masing deh..karena standar orang kadang berbeda-beda.. O ya, mungkin nilai konsumsi BBM ini juga berbeda dengan yang disebut di website lain, itu wajar sebab metode pengujian yang berbeda akan memperoleh hasil yang berbeda pula. Pengujian yang saya lakukan adalah pengujian apa adanya, maksudnya motor dipakai untuk keperluan sehari-hari dan tidak ada treatment khusus.

Demikian sekilas laporan tentang konsumsi bahan bakar Yamaha Mio GT YM JET-FI, semoga bisa bermanfaat bagi anda sekalian..

Incoming search terms:

Tags: