Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Pernahkan anda mengalami AC mobil anda hanya seperti kipas angin? Yang hanya menyemburkan udara namun tidak terasa dingin. Hal seperti itu pasti sangat tidak mengenakkan, apalagi jika anda berkendara di daerah yang panas yang minim pepohonan. Ditambah lagi jika kondisi lalu lintas sedang macet. Disini baru dirasakan betapa pentingnya AC mobil.

penyebab AC mobil tidak dingin

AC Mobil

Nah, jika anda mengalami masalah dengan AC anda, mungkin salah satu di bawah ini adalah penyebabnya:

  • Freon habis atau kurang. Freon merupakan fluida refrigerant yang berfungsi mendinginkan udara yang akan disemburkan di dalam kabin mobil. Berkurangnya freon biasanya disebabkan karena adanya bocoran pada pipa freon tersebut. Untuk mencegah hal ini terjadi, anda bisa melakukan pengecekan secara rutin tekanan terhadap freon. Dan jika ditemukan ketidaknormalan, misal habis/berkurang secara drastis, segera lakukan pemeriksaan bocoran pipa freon.
  • Belt putus. Belt adalah komponen yang menghubungkan antara puli mesin dengan puli kompresor AC. Jika belt putus, otomatis kompresor tidak bisa berputar, sehingga AC pun mati.
  • Kompresor AC bermasalah. Jika belt tidak putus, namun tidak ada sirkulasi freon, maka kemungkinan kompresor AC mengalami masalah. Masalah pada kompresor AC bisa bermacam-macam, misalnya bearingnya rusak, magnetic clutch rusak dll, untuk mengetahuinya sebaiknya anda bawa mobil ke bengkel AC mobil.
  • Kondensor kotor. Kondensor merupakan heat exchanger (tempat perpindahan panas) dari freon/refrigerant yang sudah panas (dari evaporator) untuk didinginkan lagi. Jika kondensor kotor, maka proses perpindahan panas tidak sempurna, akibatnya freon yang kembali ke blower masih mempunyai temperatur cukup tinggi, sehingga semburan udara AC juga akan terasa panas.
  • Blower AC bermasalah. Blower AC berfungsi untuk menghembuskan udara yang sudah didinginkan ke dalam kabin mobil. Jika blower AC mati atau putarannya lemah, maka hembusan udara dingin juga akan berkurang.

Demikian beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Mengingat AC mobil merupakan hal yang penting dalam berkendara, ada baiknya anda melakukan servis rutin AC mobil anda, minimal setiap 6 bulan sekali, sehingga kehandalan dari AC mobil anda akan terjaga. Semoga bermanfaat.

Tags: