Menghitung Konsumsi BBM Mobil Timor untuk Luar Kota

Setelah kemarin saya menghitung konsumsi BBM Timor untuk campuran dalam kota dan luar kota, yaitu perjalanan Bekasi-Bandung plus muter-muter di kota Bandung nya, maka kali ini saya ingin menghitung konsumsi BBM mobil Timor untuk murni luar kota. Kali ini adalah untuk perjalanan mudik dari Bekasi ke Jogja lewat jalur selatan.

Mobil yang saya gunakan adalah Timor, keluaran tahun 1998, fuel injection, DOHC, isi silinder 1498 cc. BBM yang saya gunakan tentu saja..ehm… premium..hehe

Metode yang digunakan adalah full to full, seperti metode menghitung konsumsi BBM yang saya gunakan waktu ke Bandung kemarin. Tanpa panjang lebar, berikut detail dari perhitungannya:

  1. Lakukan pengisian BBM sampai full, lalu set tripmeter pada posisi 0 (nol). Ini dilakukan saat berangkat, yaitu di POM bensin terdekat rumah di daerah Kaliabang, Bekasi.

    pengisisan 1 - konsumsi bbm timor lukot

    Pengisian awal

  2. Setelah bensin hampir habis, saya isi kembali tanki sampai full. Didapatkan, bahwa perlu 25,83 liter premium untuk sampai full tank lagi. Dan jarak yang ditempuh adalah 402, 5 km. Pengisian ini di daerah Tambak, Banyumas, perbatasan sebelum masuk Kabupaten Kebumen.
    jumlah liter pengisisan bbm - konsumsi bbm timor lukot

    Jumlah liter pengisisan bbm

    jarak yang ditempuh - konsumsi bbm timor lukot

    Jarak yang ditempuh

 

Jadi, konsumsi BBM nya adalah 402,5/25,83 = 15,58 km/liter. Cukup hemat bila dibanding dengan konsumsi BBM waktu ke Bandung kemarin (ya iyalah…), waktu ke Bandung kemarin cuma dapat 12,39 km/liter. Dan anda juga bisa membandingkan dengan konsumsi BBM mobil merk lain, yang informasinya banyak tersebar di jagad internet.

Demikian sharing kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian yang budiman..

Incoming search terms:

Tags: