Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri

Meskipun sebelum bepergian anda sudah memastikan semuanya oke, namun dalam perjalanan terkadang ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya terjadi pecah ban atau ban bocor dan sebagainya. Hal ini tentu sangat tidak mengenakkan karena akan mengganggu perjalanan anda. Kalau kejadian ban kempes atau bocor itu di dekat tukang tambal ban sih ngga masalah, tetapi kalau terjadi di daerah yang sepi, jarang ada orang, nah di sini anda harus bisa mengganti ban mobil sendiri.

cara mengganti ban mobil sendiri

Mengganti ban mobil

Setiap mobil biasanya dilengkapi dengan satu buah ban cadangan, tujuannya untuk menggantikan ban yang terpasang bila ada masalah seperti bocor, kempes dan sebagainya. Peralatan lain yang dibutuhkan untuk bisa mengganti ban mobil sendiri adalah dongkrak dan kunci roda. Jika anda ingin membeli kunci roda pastikan ukuran kunci roda sama dengan ukuran mur pengikat ban mobil anda. Sebab ukuran mur pengikat tersebut berbeda antara satu mobil dengan lainnya. Peralatan lain yang mungkin anda butuhkan adalah kompresor portable, fungsinya untuk mengisi angin pada ban. Karena ban cadangan jarang dicek, terkadang saat dibutuhkan ternyata anginnya habis, sehingga harus diisi lagi.

Nah, setelah peralatan tersebut lengkap tersedia, anda bisa mulai mengganti ban mobil, caranya adalah sebagai berikut:

  • Tempatkan mobil pada tempat yang datar.
  • Kendorkan mur pengikat ban dengan kunci roda secara menyilang. Jika murnya berat untuk dikendorkan maka bantu mengendorkannya dengan berat badan anda (tidak hanya bertumpu pada kekuatan tangan). Atau jika masih berat, anda bisa menggunakan besi untuk memperpanjang lengan ayun sehingga akan lebih ringan.
  • Jika semua mur sudah kendor, dongkraklah mobil anda sampai ban tidak menyentuh tanah.
  • Lepaslah semua mur pengikat ban
  • Kemudian lepaslah ban mobil yang bocor dan masukkan ban mobil cadangan anda
  • Masukkan kembali mur pengikat dan kencangkan secara menyilang
  • Lepaskan dongkrak mobil secara perlahan-lahan
  • Kencangkan kembali mur pengikat dengan menggunakan kunci roda
  • Letakkan ban yang bocor tadi di tempat ban cadangan

Setelah itu sebaiknya anda pergi ke bengkel mobil terdekat untuk memperbaiki ban mobil anda yang bocor tadi, sehingga anda mempunyai ban cadangan lagi. Jika perlu, lakukan penggantian terhadap ban mobil yang rusak tadi. Demikian, semoga bermanfaat..

Tags: