Cara Membersihkan Kaca Mobil Dari Jamur

Cuaca pada musim pancaroba yang tidak menentu, misalnya pagi panas tetapi siang hujan lebat lalu sore panas terik lagi, bisa menyebabkan timbulnya jamur pada kaca mobil anda. Jamur pada kaca mobil tentu bisa menganggu kenyamanan anda bahkan bisa menyebabkan kaca menjadi buram dan tidak jernih lagi. Sehingga visibilitas ketika mengemudi menjadi terganggu. Untuk itu anda sebaiknya membersihkan kaca mobil dari jamur.

Untuk membersihkan kaca dari jamur, anda bisa menggunakan beberapa media seperti alkohol, pemutih pakaian atau cairan pembersih kaca. Tetapi saya lebih suka menggunakan cairan pembersih kaca. Yang perlu anda ketahui bahwa kebanyakan pembersih kaca mengandung amonia (NH3) karena memang senyawa tersebut ampuh untuk mengatasi jamur atau flex akibat air kotor yang sudah mengering lama atau bekas kotoran binatang. Namun, tidak semua jenis kaca bisa dibersihkan menggunakan amonia. Kaca jenis tinted windows tidak cocok menggunakan cairan pembersih yang mengandung ammonia. Jika dipaksakan, bukannya jernih malah kaca bisa menjadi buram.

cara membersihkan kaca mobil dari jamur

Membersihkan kaca mobil

Lalu bagaimana cara membersihkan kaca mobil dari jamur yang efektif? Berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti:

  • Bersihkan kaca mobil dengan menggunakan air bersih terlebih dulu.
  • Gunakan tempat yang terlindungi dari sinar matahari saat mencuci dan memoles kaca. Jika tempatnya terpapar sinar matahari langsung, bisa menyebabkan carian pembersih tersebut cepat mengering, dan meninggalkan residu yang berakibat munculnya flex pada permukaan kaca.
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal saat membersihkan, gunakan kain jenis microfiber.
  • Semprot bagian kaca yang berjamur menggunakan cairan pembersih lalu usap dengan kain hingga bersih.
  • Lalu bilas kembali kaca tersebut dengan air. Lanjutkan hingga seluruh kaca dipoles dengan baik.
  • Setiap produk pembersih kaca mempunyai prosedur atau ketentuan penggunaan yang mungkin berbeda-beda. Sebaiknya anda membaca secara teliti petunjuk penggunaannya agar tidak salah.

Demikian tips cara membersihkan kaca mobil dari jamur. Semoga mobil anda tidak ada masalah lagi dengan jamur kaca. Semoga bermanfaat…

Tags: