Cara Membersihkan Kaca Film Mobil Yang Benar

Kaca film merupakan lapisan yang ditambahkan pada kaca mobil dengan tujuan untuk mengurangi panas matahari yang masuk ke dalam kabin mobil. Kaca film mempunyai kemampuan untuk menolak atau mengurangi sinar ultra violet maupun panas. Namun besarnya kemampuan menolak panas tersebut berbeda-beda antara merk satu dengan yang lain, tergantung pada kualitas kaca film itu sendiri. Kaca film dipasang pada sisi dalam kaca mobil.

Kaca film perlu dirawat atau dibersihkan agar usia pakainya panjang atau awet. Perawatannya dimulai sejak kaca film terpasang dan selama pemakaiannya. Pembersihan kaca film harus dilakukan dengan benar, sebab jika tidak, malah bisa menyebabkan kerusakan pada kaca film tersebut. Kan sayang, soalnya harga kaca film cukup mahal, apalagi jika kaca film-nya menggunakan merk-merk terkenal.

membersihkan kaca film mobil

Membersihkan kaca film mobil

Berikut adalah hal-hal yang harus anda perhatikan ketika membersihkan kaca film mobil.

  • Jangan membersihkan kaca mobil dengan cairan pembersih kaca. Karena zat kimia yang ada pada cairan tersebut terlalu keras, sehingga jika digunakan bisa menyebabkan kerusakan pada kaca film.
  • Jangan menggunakan tisu basah untuk membersihkan kaca film. Karena tisu basah juga mengandung zat kimia atau antiseptic, yang juga bisa merusak kaca film. Akan tetapi kerusakan akibat zat kimia ini tidak terjadi secara langsung. Tandanya adalah ketika anda lihat kaca film anda mulai bergelombang, artinya kaca film mulai mengalami kerusakan.
  • Bersihkan kaca film dengan kain basah. Yang terbaik adalah membersihkan kaca film dengan kain yang sudah dibasahi dengan air bersih. Bersihkan secara perlahan dan hati-hati sampai kotoran hilang.
  • Perhatikan karet kaca dari kotoran. Karena karet kaca ini akan bersentuhan dengan kaca film, ketika kaca dinaikkan atau diturunkan. Sehingga apabila ada kotoran yang menempel pada karet kaca, bisa menyebabkan kaca film tergores atau robek ketika kaca mobil sedang dinaikkan atau diturunkan. Bersihkan karet kaca dari kotoran yang menempel.
  • Usahakan tidak menempelkan barang yang tidak perlu pada kaca film. Seringkali para pemilik mobil menempelkan stiker atau barang yang tidak perlu ke kaca film. Hal itu sebaiknya dihindari karena ketika dilepas bisa merusak kaca film.

Demikian tips membersihkan kaca film mobil supaya awet. Semoga bermanfaat..

Tags: