Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube

Youtube merupakan situs portal kepunyaan Google dengan jumlah pengguna lebih dari satu miliar. Tidak heran Youtube mempunyai pengguna sebanyak itu, sebab di Youtube tersedia jutaan video dengan berbagai macam tema, mulai dari video tutorial, video musik, video berita, video humor, video tentang sains dan teknologi, video dokumentasi seseorang ketika berlibur, video cuplikan film, dan banyak video lainnya.

Berbeda dengan konten berupa artikel atau gambar yang terlihat mati, konten berupa video terlihat hidup dan nyata. Tutorial untuk melakukan sesuatu akan jauh lebih dipahami jika tutorialnya dalam bentuk video dibandingkan tutorial artikel ataupun berupa gambar. Nah, karena alasan inilah Youtube sangat digemari dan para pengguna Youtube rela berlama-lama di depan layar komputernya.

Lalu bagaimana caranya agar bisa mendapatkan uang dari Youtube? Hehe sabar..Sebelum masuk ke situ, anda perlu tahu, bahwa Youtube mendapatkan uang dari para advertiser (pengiklan). Mereka para advertiser rela membayar sejumlah uang ke Youtube supaya produk mereka ditampilkan dalam iklan pada video-video Youtube (seperti gambar di bawah), sehingga para pengguna Youtube akan tertarik terhadap iklan tersebut. Nah, karena video yang ada iklannya tersebut milik pengguna Youtube, maka disini Youtube memberlakukan bagi hasil. Jadi uang dari para advertiser tadi, sebagian untuk Youtube dan sebagian untuk pemilik video. Ya..untuk pemilik video, karena tanpa mereka yang mengupload video-video tersebut, Youtube bukanlah apa-apa alias tidak punya konten. Begitu penjelasan singkat mengenai skema bagi hasil di youtube.

Iklan Youtube

Iklan Youtube

Nah, untuk bisa mendapatkan uang dari Youtube, anda harus menjalankan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Membuat Akun YouTube

Tidak sulit untuk membuat akun YouTube. Anda cukup membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube. Anda tinggal login di akun Google tersebut, lalu membuka website Youtube.

  1. Membuat Channel untuk akun YouTube Anda.

Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.

Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.

  1. Mengupload Video ke YouTube

Kita harus memiliki konten video original yang di-upload YouTube. Video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound. Anda bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik (misalnya mengunjungi pameran mobil), video tutorial, merekam saat bermain futsal, dan lain-lain.

Semakin banyak video unik yang kita upload, semakin besar pula peluang untuk mendaptkan uang lebih banyak. Sekali lagi, jangan pernah mengupload video yang melanggar hak cipta, sebab video tersebut tidak bisa dipasangi iklan, kalaupun ada iklan maka komisinya untuk sang pemilik hak cipta. Contoh video unik merekam kegiatan saat liburan:

Setelah itu kita harus mempopulerkan video kita supaya banyak yang melihat. Anda bisa men-share video yang sudah diupload ke media social, bisa memperbanyak subscriber dsb. Intinya, semakin banyak video anda dilihat, semakin mudah anda menjadi mitra Youtube.

  1. Mendaftar ke Google Adsense

Adsense adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan untuk monetisasi video. Seperti yang disebutkan sebelumnya, video dengan banyak views biasanya akan mendapat undangan langsung dari Google Adsense. Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense. Silahkan baca tutorial pendaftarannya Di SINI.

Bila anda sudah mempunyai akun Adsense, maka tidak perlu mendaftar lagi, cukup dengan menghubungkan akun Adsense dengan Youtube. Setelah akun Adsense terhubung dengan akun YouTube, maka Anda tinggal menunggu earning yang masuk dari video-video Anda.

Demikian langkah-langkah untuk bisa mendapatkan uang dari Youtube, sekali lagi kuncinya adalah semakin banyak views semakin besar peluang untuk mendapatkan uang yang lebih banyak. Semoga bermanfaat..

Tags: