Tatacara Membuat SIM C Baru di Polres Klaten

Jika anda sering berkendara dengan sepeda motor pasti anda pernah membuat SIM C. SIM C adalah Surat Ijin Mengemudi untuk sepeda motor yang bisa mencapai kecepatan 40 km/jam. Untuk anda yang berdomisili di Kabupaten Klaten dan ingin membuat SIM C, berikut saya tuliskan tatacara step by step untuk membuat SIM C di Polres Klaten.

  1. Begitu datang, silakan Anda memfotokopi KTP di tempat fotokopi yang ada sebelah kanan pintu gerbang. Anda akan sekalian diberi map warna biru. Biaya Rp 1500
  2. Selanjutnya adalah tes kesehatan, berupa tes membaca huruf tokek. Tujuannya adalah memastikan bahwa peserta tidak buta warna. Di sini anda harus membayar Rp 25.000
  3. Jika anda lulus tes buta warna, anda bisa melanjutkan ke loket 1 untuk mendapatkan formulir pendaftaran. Lalu anda akan diminta untuk membayar biaya pembuatan SIM C baru sebesar 100 ribu rupiah. Lalu isilah formulir pendaftaran sesuai data diri anda.
  4. Lalu serahkan formulir tadi di loket 2. Berkas pendaftaran akan dibawa oleh petugas, lalu anda dipersilakan untuk mengikuti ujian teori.
  5. Langsung saja menuju ruang ujian teori, di ruang tersebut sudah menunggu petugas dan peserta lain.  Kapasitas ruang ini untuk 40 orang peserta. Ujiannya berupa audio visual, jadi akan ditampilkan gambar/video di layar, lalu anda diminta untuk menjawab apakah pengendara di gambar/video tersebut benar atau salah. Karena ujiannya menggunakan system computer, anda tinggal memencet mouse yang telah disediakan, jika jawabannya benar pencet A (klik kiri) jika jawabannya salah pencet B (klik kanan). Ada 30 soal, masing-masing soal waktunya 15 detik. Begitu soal ke-30 telah dijawab oleh semua peserta, hasilnya langsung keluar di layar tersebut. Untuk lulus, anda harus menjawab benar minimal 21 dari 30 soal tersebut. Jika lulus ujian teori, anda bisa melanjutkan ke ujian praktek.
  6. Ujian praktek dilakukan di sebelah timur tempat parkir sepeda motor. Ada 3 macam ujian praktek, yang pertama mengendarai motor dengan melewati jalur berbentuk angka 8, namun di pinggirnya diberi pembatas berupa bambu. Jika peserta menjatuhkan bambu tersebut atau kakinya menyentuh tanah maka dianggap gagal. Ujian ke dua adalah melakukan slalom dan ketiga adalah melewati jalur lurus dengan bambu di kedua sisinya. Banyak peserta gagal pada ujian yang pertama, karena memang jalurnya cukup sempit. Saran saya, latihan dulu di rumah agar tetap tenang dan tidak grogi.

    tempat ujian praktek SIM C

    Tempat ujian praktek SIM C

  7. Jika lulus ujian praktek, anda bisa menunggu di loket 3 untuk mendapatkan nomor antrian untuk melakukan foto. Petugas akan memanggil nama peserta untuk diberi nomor antrian foto.
  8. Anda memasuki tahap terakhir yaitu melakukan foto SIM. Hanya 10 orang yang diijinkan untuk masuk ke ruang foto, jadi anda harus tetap antri di sini.
  9. Tinggal menunggu SIM jadi, kurang lebih 10 menit bisa anda ambil di loket 5.

Demikian kira-kira tatacara membuat SIM C Baru di Polres Klaten. Semoga bermanfaat…

Foto-foto terkait :

penjelasan petugas sim C

Seorang petugas memberi penjelasan kepada peserta tentang tatacara ujian praktek

peserta ujian sim C

Seorang peserta ujian praktek gagal pada ujian pertama

Incoming search terms:

Tags: