Membayar Pajak PBB Kabupaten Bekasi Tahun 2013

PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan merupakan pajak dari obyek pajak berupa tanah atau bangunan yang harus dibayar oleh wajib pajak setiap satu tahun sekali. Pada periode waktu pembayaran pajak PBB tersebut, wajib pajak akan diberi SPPT lewat desa/kelurahan yang biasanya diteruskan ke RW dan RT. SPPT atau Surat Pemberitahuan Pajak Terutang adalah surat yang digunakan untuk memberitahukan besarnya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan yang terutang kepada Wajib Pajak.

Contoh SPPT

Contoh SPPT

Pada tahun-tahun sebelumnya (sebelum 2013) pembayaran pajak PBB bisa dilakukan di banyak bank, baik milik pemerintah maupun swasta, seperti BNI, Bank Mandiri, BCA dll. Pembayaran bisa dilakukan via ATM atau via internet banking. Namun pada tahun ini (2013) tampaknya hal itu sudah tidak bisa dilakukan. Saya sendiri cukup dibuat kaget ketika akan melakukan pembayaran pajak PBB via internet banking BNI, karena fitur pembayaran pajak PBB sudah tidak ada lagi di menu-nya. Selidik punya selidik, ternyata pembayaran pajak PBB tahun 2013 untuk kabupaten Bekasi harus melalui Bank Jabar Banten (BJB), dan ini sebenarnya juga tertulis di SPPT. Agak aneh juga sih, mau bayar pajak bukannya semakin mudah eeh malah semakin sulit. Tapi sebagai warga Negara yang baik, bagaimanapun juga kita harus tetap melaksanakan salah satu kewajiban tersebut.

Akhirnya pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2013, saya berangkat ke BJB KCP Babelan (karena saya tinggalnya di area kecamatan Babelan) untuk membayar pajak PBB. Mungkin karena masih pagi, sekitar jam 8, jadi tidak ada antrian sama sekali. Dan tidak sampai 5 menit sudah beres semuanya. Sebagai bukti lunas pembayaran pajak PBB, saya diberi STTS (Surat Tanda Terima Setoran) Bank BJB. Oya bagi sobat yang akan membayar PBB di BJB KCP Babelan juga, ini alamatnya Jalan Raya Babelan Km. 3 RT 01/01 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Jangan sampai telat bayar pajaknya ya, jatuh tempo pembayaran pajak PBB tahun 2013 adalah 31 Agustus 2013.

Contoh STTS

Contoh STTS

============================================================================

Bayar Pajak PBB via internet banking

Bayar Pajak PBB

Update : Sekarang (tahun 2015) membayar pajak PBB sudah bisa menggunakan internet banking kembali. Jadi lebih praktis, tidak perlu pergi ke bank…

Incoming search terms:

Tags: