13 Ciri Khas Orang Yang Punya Kekuatan Mental

Kebiasaan-Orang-SuksesOrang-orang bermental kuat memiliki kebiasaan yang sehat. Mereka dapat mengatur emosi, pikiran dan perlakuan mereka sedemikian rupa sehingga mereka siap menuju kesuksesan. Inilah beberapa hal yang dilakukan oleh orang-orang tersebut, siapa tahu bisa anda juga bisa menjadi lebih kuat mentalnya.

1. Tidak Menghabiskan Waktu Untuk Mengasihani Diri Sendiri.
Orang yang bermental kuat tidak hanya duduk berdiam diri saja dan mengasihani diri mereka atas situasi atau atas perlakuan orang lain padanya. Yang mereka lakukan adalah mereka bangkit dan bertanggung jawab, mengambil peranan dalam hidup dan mengerti bahwa hidup tidaklah selalu mudah.

2. Berpegang Teguh Pada Kekuatan Sendiri.
Mereka tidak membiarkan orang lain mengendalikan mereka, dan mereka tidak membiarkan kekuatan orang lain mengendalikan mereka. Kalimat seperti, “Perasaanku jadi ga enak gara-gara bos,” tidak akan muncul, karena merekalah yang memegang kendali atas emosi mereka, mereka tahu cara mengontrol emosi.

3. Berani Menghadapi Perubahan
Orang bermental kuat tidak menghindari perubahan, tetapi mereka menerimanya dan mau menjadi lebih fleksibel. Mereka mengerti bahwa perubahan tidak dapat dihindari dan percaya bahwa mereka dapat beradaptasi.

4. Tidak Menghabiskan Tenaga Untuk Hal Yang Tidak Bisa Mereka Kendalikan
Orang yang bermental kuat tidak akan mengeluh jika koper mereka hilang ataupun terjebak kemacetan. Justru mereka fokus pada hal-hal yang bisa mereka kendalikan. Mereka sadar bahwa, kadang-kadang yang sebenarnya harus dikendalikan adalah sikap mereka.

5. Tidak Mengkhawatirkan Tentang Membuat Orang Lain Senang
Mereka tahu bahwa menyenangkan orang lain tidak perlu selalu dilakukan. Mereka berani untuk berkata tidak dan mengeluarkan pendapatnya apabila perlu. Mereka berusaha untuk menjadi baik dan adil, tetapi juga dapat mengatasi orang yang kecewa terhadap mereka.

6. Berani Menghadapi Resiko Yang Telah Diperhitungkan
Mereka tidak ceroboh dan tidak mau menghadapi resiko-resiko yang konyol, tetapi berani menghadapi jika resiko tersebut telah diperhitungkan. Waktu dihabiskan untuk mempertimbangkan resiko dan keuntungan sebelum mengambil keputusan besar, dan mereka tahu sekali akan potensi buruk yang akan mereka hadapai sebelum mereka bertindak.

7. Tidak Terjebak di Masa Lalu
Mereka tidak terjebak di masa lalu dan tidak berharap kalau saja mereka bisa mengubahnya. Mereka menerima masa lalu dan belajar dari itu. Mereka menjalani kehidupan saat ini dan merencanakan masa depan.

8. Tidak Mengulangi Kesalahan Yang Sama
Mereka bertanggung jawab atas perilaku mereka dan belajar dari kesalahan masa lalu agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Mereka terus maju ke depan dan membuat keputusan-keputusan yang lebih baik.

9. Tidak Membenci Kesuksesan Orang Lain
Mereka dapat menghargai kesuksesan orang lain. Tidak ada kecemburuan ataupun rasa dicurangi pada saat orang lain melebihi mereka. Mereka tahu bahwa sukses tersebut datang dengan kerja keras dan mereka mau bekerja keras untuk kesuksesan mereka sendiri.

10. Tidak Menyerah Setelah Kegagalan Pertama
Mereka tidak menjadikan kegagalan sebagai alasan untuk menyerah. Tetapi mereka menganganggap itu sebagai kesempatan untuk berkembang dan memperbaiki diri. Mereka terus mau mencoba sampai berhasil.

11. Tidak Takut Menghadapi Kesendirian
Mereka bisa hidup sendiri dan tidak takut pada keheningan. Mereka menggunakan waktu sendirinya untuk menjadi produktif, dan menikmatinya tanpa harus selalu bergantung pada keberadaan orang lain dan hiburan-hiburan. Mereka bisa bahagia di waktu sendirinya.

12. Tidak Merasa Dunia Berhutang Kepada Mereka.
Mereka lahir dengan mental bahwa mereka tidak harus diurus atau dijaga orang lain, dan juga tidak merasa bahwa dunia seharusnya memberi kepada mereka. Mencari kesempatan-kesempatan adalah ciri mereka.

13. Tidak Mengharapkan Hasil Yang Instant
Dalam hal penyembuhan ataupun memulai bisnis baru, mereka tidak berharap hasil yang instant. Tetapi mereka menggunakan kemampuan dan waktu mereka dengan maksimal dan mengerti bahwa perubahan sebenarnya butuh waktu.

sumber:kaskus.co.id

Tags: