Pentingnya List Building bagi Pebisnis Online

pentinginya list buildingBagi anda yang bergelut dalam bisnis online khususnya yang punya toko online atau menjadi seorang affiliate, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah List Building. Namun bagi yang masih awam, tentu akan bertanya-tanya apakah list building itu? Secara gampangnya list building adalah aktivitas untuk mengumpulkan database calon pembeli/prospek (dengan cara yang baik tentunya). Database yang dimaksud bisa beragam, namun yang paling umum biasanya adalah nama dan email.

Mengapa list building itu penting? Mungkin sebagian pebisnis online tidak menyadari bahwa pengunjung website biasanya tidak melakukan pembelian pada kunjungan yang pertama. Ya, sebagian besar pengunjung tidak melakukan pembelian pada kunjungan pertamanya ke website kita. Nah sayang kan jika kita kehilangan jejak pengunjung/prospek tersebut, yang sebenarnya ada keinginan untuk membeli produk kita. Dengan list building ini, kita berusaha untuk mendapatkan data prospek tersebut minimal berupa nama dan email.

Mengapa pengunjung mau memberikan datanya? Ya, dalam list building tentu saja pengunjung tidak serta memberikan datanya begitu saja. Biasanya para pebisnis online memberi “pancingan” supaya pengunjung mau memberikan datanya. Pancingannya biasanya berupa ebook gratis atau tips-tips tentang sesuatu. Maksudnya, pengunjung bisa memperoleh ebook atau tips tadi jika mereka memberikan/meninggalkan data (nama dan email) mereka di form yang disediakan. Pernahkah anda melakukannya? Saya kira banyak diantara kita yang secara tidak sadar telah melakukan itu hehe…

Jika sudah mendapatkan database prospek, lalu apa yang harus dilakukan? Banyak hal yang bisa dilakukan, kita bisa mengirimkan email tentang keunggulan produk kita, testimoni dari mereka yang sudah membeli produk kita, diskon dan promo dari produk kita dan masih banyak lagi sebanyak kreativitas kita. Dengan edukasi prospek yang kita berikan via email, kita harapkan prospek tadi bersedia untuk membeli produk kita secara sukarela karena keunggulan dan manfaat yang mereka dapatkan dari produk tersebut.

Nah dalam melakukan follow up melalui email, tentu saja tidak secara manual (mengirim satu per satu). Bayangkan bila ada ratusan database prospek, kita akan capek hanya untuk mengirimi mereka email follow up. Para pebisnis online biasanya menggunakan layanan AutoResponder untuk mengirimkan email-email follow up mereka. Autoresponder akan mengautomatiskan pekerjaan kita dari aktivitas list building sampai mengirimkan email follow up. Kita bisa mensetting untuk mengirimkan setiap 2 hari sekali misalnya, atau kita bisa mengirimkan broadcast email bila kita mempunyai suatu penawaran yang menarik misalnya ada promo atau diskon besar.

Bagi anda pebisnis online tidak ada salahnya dan belum terlambat untuk menggunakan layanan autoresponder, sebab ini akan memudahkan pekerjaan anda bahkan bisa meningkatkan penghasilan anda.

Demikian sharing kali ini, semoga bermanfaat..

Tags: