Memilih Hosting Unlimited Domain

Bagi anda yang sudah familiar dengan dunia blogging, saya yakin sudah tidak asing dengan istilah hosting. Namun bagi anda yang masih awan, mungkin belum begitu mengenal apa itu hosting ataupun domain. Berikut penjelasan secara singkat mengenai keduanya.

Hosting adalah sebuah tempat di dunia maya di mana kita meletakkan data blog atau data-data situs kita di internet, atau hosting itu seperti sebuah hardisk untuk website atau blog profesional kita. Sedangkan domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.

memilih web hosting unlimited domain

Jika anda sedang mencari hosting untuk web anda, saya sarankan untuk menggunakan web hosting yang unlimited baik dari sisi space, bandwith dan domain. Sebisa mungkin jangan menggunakan hosting yang terbatas baik space-nya, bandwith maupun jumlah domain yang bisa dihostedkan disitu. Sebab jika anda menggunakan hosting yang limited/terbatas, kemudian suatu saat space anda habis atau jatah bandwith sudah habis, maka anda akan dikenakan biaya lagi jika ingin menambah space atau bandwith. Dan biaya tersebut bisa jadi lebih mahal dibanding jika anda menyewa hosting yang unlimited.

Berikut beberapa kelebihan menggunakan hosting yang unlimited:

  • Dengan space unlimited, anda bisa bebas dan tidak perlu khawatir untuk mengupload konten ke blog/web anda baik itu gambar atau video atau konten dengan kapasitas besar lainnya.
  • Dengan bandwith unlimited anda juga tidak perlu khawatir terhadap berapapun jumlah pengunjung website anda, tanpa takut kehabisan kuota bandwith bulanan. Justru semakin banyak visitor akan semakin bagus untuk website anda.
  • Dengan unlimited domain, anda bisa menempatkan banyak domain dalam satu webhosting. Ini tentu saja lebih murah daripada anda harus menyewa satu hosting untuk satu domain anda, udah gitu limited lagi hosting-nya.
  • Dengan space unlimited, anda juga tidak perlu khawatir untuk berkomunikasi via email domain anda. Karena banyak pebisnis yang menggunakan fitur autoresponder, di mana komunikasi utama dilakukan via email.

Penyedia layanan hosting unlimited sebenarnya sudah banyak sekali, namun beberapa yang bagus menurut kami adalah:

Sekedar sharing, saya dulu pada awalnya menggunakan limited hosting, namun karena sering mengalami habis space atau kuota bandwith akhirnya sekarang berpindah menggunakan unlimited hosting. Hosting yang saya gunakan adalah FrogHost, memang sih ini hosting luar negeri. Sejauh pengalaman saya, hosting ini cukup tangguh, saya pernah menggunakan plugin AGC, WP robot dan setting cron job masih aman-aman saja. Kebetulan sekarang lagi ada diskon 30% di Froghost.

Demikian, semoga bermanfaaat…

Tags: