Beasiswa S2-S3 di King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM)

King Fahd University of Petroleum & MineralsKing Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM) terletak di kota Dhahran, bagian timur Saudi Arabia, berdekatan dengan kantor pusat Saudi Aramco (perusahaan minyak terbesar dunia). KFUPM merupakan salah satu universitas di Saudi Arabia yang setiap semester rutin membuka kesempatan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia. Beasiswa yang ditawarkan meliputi jenjang S2 (master) dan S3 (doktor). Pendaftaran untuk Fall Semester biasanya dibuka pada bulan Februari, sedang untuk Spring Semester biasanya dibuka pada bulan September. Bahasa pengantar yang digunakan di KFUPM adalah Bahasa Inggris sehingga mahasiswa tidak perlu memiliki kemampuan Bahasa Arab.KFUPM Spring Semester 2014

Untuk tahun 2014 ini, pendaftaran untuk Spring Semester telah dibuka pada 25 Agustus 2014 lalu sampai dengan 15 September 2014. Untuk syarat-syarat yang diperlukan sudah dimuat secara jelas di website resmi KFUPM http://www.kfupm.edu.sa/deanships/DGS/Pages/preonline_eligibility.aspx.

admission date kfupmSekedar informasi, bahwa pendaftaran beasiswa S2 maupun S3 bisa dilakukan secara online. Artinya untuk mendaftar, pelamar cukup mengisi formulir yang disediakan via internet, setelah pelamar membuat akun di website KFUPM (tidak perlu dikirim via POS). Dan untuk dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan, bisa diupload melalui akun tersebut juga. Dokumen yang perlu diupload diantaranya adalah rekomendasi dosen, ijazah dan transkrip, serta statement of purpose. Sertifikat TOEFL dan GRE diminta setelah pelamar dinyatakan diterima.

Untuk melamar beasiswa S2 atau S3, bisa melalui jalur Assistantship/Lecturership maksudnya ketika kita melamar studi, kita juga dapat melamar menjadi Research Assistant/RA (untuk melamar S2) atau Lecturer-B (untuk melamar S3).  RA/Lecturer-B adalah staf universitas dan memiliki kewajiban untuk membantu operasional departemen atau universitas. Beberapa contoh penugasan yang lazim diberikan adalah mengajar praktikum atau kelas S1, mengawasi ujian, tugas administrasi dan semacamnya. Jadi ada semacam kontrak kerja antara mahasiswa dan KFUPM; kontrak ini perlu ditanda tangani sebelum berangkat. Hampir semua mahasiswa S2/S3 (non-part time) dari luar Arab Saudi memiliki status ini.

Posisi RA atau Lecturer-B memperoleh beberapa fasilitas, di antaranya:

  • tiket keberangkatan pertama dan kepulangan terakhir
  • bebas biaya studi/buku teks
  • gaji bulanan (SAR 1800 untuk RA; SAR 4025 untuk Lecturer-B)
  • paid leave (cuti dengan tanggungan) selama 30 hari per tahun
  • tempat tinggal di asrama (satu kamar berdua)
  • layanan medis gratis di Medical Centre kampus dan subsidi 50% untuk obat-obatan
  • subsidi di student restaurant

RA/Lecturer-B juga dapat ikut serta dalam funded project dan memperoleh tambahan sekitar SAR 600. Untuk funded project yang berasal dari Research Institute KFUPM atau instansi di luar KFUPM seperti ARAMCO atau KACST bisa mencapai sekitar SAR 1.000-2500 per bulan. Sebagai bagian dari keikutsertaan dalam funded project, RA/Lecturer-B juga berkesempatan untuk publikasi di jurnal atau seminar baik regional atau pun internasional. Di antara institusi yang memiliki kerja sama penelitian dengan KFUPM adalah Saudi Aramco, SABIC (perusahaan publik terbesar di Arab Saudi), Saudi Telecom Company, dan King Abdul Aziz City for Science and Technology.

Keuntungan yang lain bagi anda yang beragama Islam, akan lebih mudah untuk menunaikan ibadah umroh maupun haji (pengalaman dari mahasiswa yang ada di KSA). Berminat..? Silakan daftar via link berikut http://ssbweb.kfupm.edu.sa/PROD8/twbkwbis.P_GenMenu?name=homepage

(dari berbagai sumber)

Tags: