Cara Mudah Mendapat Backlink .edu dan .gov

edu-backlinkBagi anda yang mempunyai website, mungkin sering mencari backlink untuk website nya. Ya, backlinking adalah salah satu kegiatan rutin para webmaster untuk meningkatkan kualitas situsnya secara off page. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan blog commenting/menaruh komentar di blog/website dan menyertakan link. Dan konon (karena tidak ada yang tahu pasti), backlink dari domain dengan top level domain .edu dan .gov adalah backlink yang sangat powerful di mata search engine (Google, Yahoo, Bing, dll).

Namun, di antara webmaster mungkin merasa kesulitan untuk mencari backlink dari .edu maupun .gov, karena memang sewajarnya agak susah menemukannya dengan cara biasa (googling). Tapi jika kita tahu cara/kode untuk menemukan website .edu atau .gov untuk menanam backlink, pastilah itu akan menjadi sangat sederhana.

Nah, di sini saya ingin membagi cara saya untuk menemukan website .edu atau .gov yang sesuai dengan keyword kita sebagai tempat untuk menanam backlink. Sebenarnya caranya seperti googling biasa, namun kata/kode pencariannya yang menggunakan kode khusus (google dork). Kode yang saya gunakan adalah:

site:.edu inurl:blog “comment” -”you must be logged in” -”posting closed” -”comment closed” “keyword”

silakan ganti “keyword” dengan kata kunci yang anda inginkan.

contoh .edu backlinkIni contoh dengan kata kunci football.

Setelah itu dapat anda lihat di hasil pencarian google website .edu dan .gov. Pesan saya, berkomentarlah dengan bijaksana sesuai dengan artikel yang ditulis, jangan asal komen yang akhirnya bisa dianggap spam oleh admin website tersebut. Kan sayang, udah susah (eh mudah ding :D) nyari websitenya, eh komen kita dihapus begitu saja karena dianggap spam.

Oke, demikian sedikit sharing tentang backlink kali ini, semoga bermanfaat.

Tags: